Amalan Ringan Pembuka Masuk Surga

Amalan Ringan Pembuka Masuk Surga

Orang yang beriman dan bertaqwa akan mendapatkan ganjaran berupa masuk surga. Hal inilah yang dijanjikan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya. Sebaliknya, bagi hamba yang tidak bertaqwa maka akan masuk ke neraka sebagai hukumannya.

Menjelang hari kiamat, semakin banyak orang yang melakukan perbuatan yang dimurkai oleh Allah. Padahal, Allah akan memberikan siksaan yang pedih bagi seseorang yang tidak beriman di hari pembalasan nanti.

Setiap perbuatan entah kecil atau besar akan dihisab kemudian dimintai pertanggungjawabannya kelak di akherat nanti.

Sebagai orang beriman, tentunya kita sangat mendambakan bisa masuk surga. Untuk membuka jalan menuju surga, ada beberapa amalan ringan yang bisa dilakukan.

Allah akan memberikan pahala yang besar jika Anda melakukan amalan-amalan tersebut. Silahkan simak 10 amalan ringan sebagai pembuka pintu surga berikut.

10 Amalan Ringan Untuk Pembuka Pintu Surga

Setidaknya ada 10 macam amalan ringan dan mudah dilakukan sebagai upaya jalan menuju surgaNya.

1. Dzikir Kepada Allah

Nabi Muhammad SWA bersabda bahwa ada 2 kalimat yang apabila diucapkan akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. 2 kalimat tersebut adalah:

– Subhanallahu wa bihamdih (Maha Suci Allah dan dengan pujian-Nya kami memuji)
– Subhanallah al-Azhiim(Maha Suci Allah Dzat Yang Maha Agung)

2. Ridha terhadap Allah, Rasulullah dan Islam

Sesuai dengan hadist riwayat Ahmad bahwa seseorang akan mendapatkan pahala yang besar apabila ketika pagi dan sore membaca:

“radhiitu billahi rabba, wa bil islaami diina wa bi muhammad shallallahu ‘alaihi wa salam nabiya”

Bacaan ini hendaknya dibaca sebanyak 3 kali. InsyaAllah ketika hari kiamat Allah akan memberikan ridhanya.

3. Menuntut Ilmu yang Bermanfaat

Seseorang yang menuntut ilmu akan mendapatkan kemudahan menuju pintu surga. Hal ini sesuai dengan hadist riwayat muslim nomor 2699.

4. Menahan Emosi

Marah atau emosi adalah sikap yang selalu dimiliki oleh manusia. Akan tetapi, melampiaskan amarah bukan hal yang bagus. Justru Allah SWT menginginkan hambaNya menahan amarah.

Jika seseorang mampu melakukannya, maka Allah akan memanggilnya di hari kiamat kemudian menyuruhnya untuk memilih bidadari mana yang disukai.

5. Membaca Ayat Kursi

Ayat kursi adalah salah satu ayat yang paling mulia di dalam Al Quran. Sungguh luar biasa keutamaan dan manfaat Ayat Kursi bagi yang membacanya.

Seseorang yang selalu mengamalkan bacaan ayat kursi ini, kelak ketika sudah meninggal akan dibukakan pintu surga untuknya.

Hal ini sesuai hadist yang diriwayatkan oleh an Nasaa’i bahwa hadiah untuk orang yang membaca ayat Kursi ialah surga.

Silahkan simak ulasan tentang keutamaan dan manfaat ayat kursi dari sumber artikel di wisatanabawi.com.

6. Dengan Sukarela Menyingkirkan Gangguan di Jalan

Ketika Anda melihat ada sesuatu yang menyebabkan gangguan di jalan, misalnya batu ataupun ranting pohon di tengah jalan, hendaknya disingkirkan.

Sebab, hal itu bisa membahayakan pengguna jalan yang lewat. Orang yang melakukan perbuatan ini akan mendapatkan pahala kemudian bisa masuk surga.

7. Membela Kehormatan Saudara di Belakangnya

Seseorang yang mati-matian membela harga diri saudaranya akan dihindarkan dari panasnya api neraka. Perbuatan ini sungguh sulit dilakukan. Justru kebanyakan membicarakan aib saudaranya di belakang dibandingkan membela kehormatannya.

Untuk itulah, Allah memberikan pahala yang luar biasa besar bagi yang membela kehormatan saudaranya. Hal ini sesuai dengan hadist riwayat At-Trimidzi.

8. Menghindari Debat Meski Dalam Posisi Benar

Untuk menjaga kedamaian, ada kalanya seseorang menghindari melakukan debat atau adu argumen meskipun sebenarnya ada pada posisi yang benar. Seseorang yang melakukan hal ini akan diberikan pahala besar berupa ganjaran surga.

9. Shalat ke Masjid

Seseorang yang rajin melakukan shalat fardu ke masjid akan mendapatkan pahala besar. Bahkan, menurut riwata Abu Dawud, Allah akan memberikan cahaya yang indah di hari kiamat kepada seseorang yang berjalan dalam kegelapan menuju masjid.

10. Setelah Wudhu Shalat Sunah 2 Rakaat

Amalan selanjutnya sebagai jalan pembuka menuju surga ialah melakukan shalat sunah 2 rakaat sehabis melakukan wudhu. Sahabat Bilal yang telah rutin melakukan amalan ini menjadi penghuni surga.

Hal ini telah disaksikan sendiri oleh Baginda Rasulullah Muhammad SAW. Bilal mengatakan kepada Rasulullah bahwa amalan yang seringkali dilakukan ialah shalat sunah.

Demikian ulasan tentang amalan ringan pembuka pintu surga bagi yang mengamalkannya. Begitu banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengharap ridha-Nya, kemudian kita mendapatkan tempat terbaik berupa surga.

Selagi masih ada sisa umur, pergunakan sebaik-baiknya untuk melakukan segala apa yang diperintahkan, termasuk melakukan amalan-amalan sunah.

Tinggalkan komentar