Bacaan ketika meliaht hantu

Bacaan Ketika Melihat Hantu

Allah SWT telah menciptakan jin dan manusia, dalam perjalanan kehidupan jin yang lebih dahulu dihidupkan kemudian murtad dari agama islam tidak mau menyembah kepada Allah SWT sehingga hingga saat ini bangsa jin yang kita sebut sebagai hantu selalu menggoda manusia untuk menjadi sekutunya. Tetapi, jin memang memiliki rupa yang menakutkan bagi manusia sehingga ketahui bacaan melihat hantu yang diajarkan dalam agama islam.

Bacaan Melihat Hantu Atau Pengusir Hantu

Dalam islam mengakui adanya hantu sehingga terdapat cara yang cukup mudah untuk mengusir hantu dengan bacaan doa, bahkan bisa juga diusir dengan seruan adzan. Nabi Muhammad bersabda:

“Apabila tampak hantu di hadapan kalian, maka berserulah dengan adzan.” (HR. Muslim, Dawud, dan Nasa’i).

Makna dari hadist tersebut dapat diketahui bahwa hantu takut dengan seruan adzan sehingga akan menghilang ketika mendegar bacaan adzan, berikut ini bacaan adzan dengan artinya.

(٢x)   اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ

(٢x)  أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلٰهَ إِلَّااللهُ

(٢x)  اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

(٢x)  حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ

(٢x)  حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ

(١x)  اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ

(١x) لَا إِلَهَ إِلَّااللهُ

Terjemahan Adzan

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. (2x)

Aku menyaksikan bahwa tiada Tuhan selain Allah. (2x)

Aku menyaksikan bahwa nabi Muhammad itu adalah utusan Allah. (2x)

Marilah Sholat.  (2x)

Marilah menuju kepada kejayaan.  (2x)

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. (1x)

Tiada Tuhan selain Allah. (1x)

Mengapa setan tidak suka mendengar suara adzan?

Ketahuilah bahwa adzan dapat mengumpulkan akidah keimanan kemudian di dalamnya terdapat dalil aqliat dan sam’iyat yang menyebut keagungan dzat dengan segala kesempurnaan yang dimiliki-Nya yaitu dari adanya lafal  “Allahu akbar”.

Selain itu, di dalam lafal adzan juga terdapat wahdaniyat atau keesaan yang menafikan kesyirikan sehingga akan menetapkan risalah atau utusan yang menerangi lawannya yaitu pendustaan kenabian. Azan juga mengajak manusia untuk mengerjkaan shalat sehingga menjadi bentuk amal yang menyatukan hamba dengan Allah SWT.

Dengan demikian adzan juga akan mengajak manusia pada kemenangan yang berupa keberuntungan dan kekekalan nikmat yang sangat abadi hingga diakhirat nanti. Di dalam lafal adzan juga terdapat penekanan kembali pada keagungan Allah SWT dengan segala sifat keutuhan-nya yang mengukuhkan keimann dan keyakinan kepada-Nya.

Dengan demikian ketika mendengar suara adzan akan membuat hantu menjadi lairi ketakukan, bahkan ketika adzan hantu sengaja mengeluarkan kentut agar tidak mendengar seruan tersebut.

Bacaan Melihat Hantu Dengan Bacaan Ayat Kursi

Ketahuilah untuk mengusir hantu maka kita dapat menangkalnya dengan bacaan ayat kursi,  Rasulullah bersabda:

لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنْ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

Terjemahannya:

“Jangan jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan. Sesungguhnya setan itu akan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.”

Selain dapat mengusir setan dengan seruan adzan maka kita juga dapat mengusirnya dengan bacaan salah satu surah dalam Al Quran yaitu Al Baqarah, terutama bacaan ayat kursi yang akan membuat hantu menjadi lari tunggang langgang, berikut ini bacaan Ayat Kursi Sebagai Pengusir Setan.

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Bacaan Ayat Kursi Latin

“Allaahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.”

Arti :

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak atau boleh disembah), melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tertidur. Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya.”

Baca Juga: Doa Masuk Kamar Mandi

Ketika melafalkan bacaan melihat hantu surah ayat kursi tersebut maka dapat dibacakan dengan suara lirih maupun keras yang penting disertai dengan sikap berserah diri sehingga mendapatkan perlindungan dari Allah SWT untuk mengusir setan.

Mengusir Hantu dengan Berdzikir

Selanjutnya, untuk mengusir hantu maka sebaiknya kita juga selalu berdzikir baik dilisankan atau dalam hati. Dengan menyebut nama keagungan Allah SWT juga akan membuat hantu menjadi ketakutan. Oleh karena itu, ingatlah selalu nama-nama keagungan-Nya yang akan membantu mengusir setan.

Manfaat Membaca Doa Melihat Hantu

Sebagai manusia terkadang kita takut melihat hantu yang memang memiliki rupa cukup menakutkan, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Allah SWT menciptakan makhluk yang paling sempurna adalah manusia. Ketika kita merasa takut kemudian membaca doa melihat hantu maka akan mendatangkan banyak manfaatnya, berikut penjelasannya.

  • Mengingat Allah SWT

Manfaat pertama dari membaca doa melihat hantu yaitu mengingat Allah SWT sehingga membuat hati kita tetap tenang, meskipun sebenarnya takut. Tetapi, ketika kita selalu mengingat-Nya insyaallah akan selalu mendapatkan perlindungan kemudian dijauhkan dari syetan. Apabila kita terus merasa ketakutan yang membuat hati menjadi gelisah justru malah setan akan semakin suka menggangu kita.

Oleh karena itu, janganlah gelisah tetaplah tenang dengan selalu mengingat-Nya kemudian membaca doa.

  • Meminta Perlindungan

Selanjutnya, manfaat bacaan melihat hantu juga menjadi salah satu perantara untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT agar dijauhkan dari godaan syetan, dari kejahatan syetan, dan segala keburukan syetan. Jadi, setan tidak hanya menakutkan ketika menampakkan diri tetapi juga menakutkan ketika menggoda manusia.

Dengan demikian maka jadilah umat yang selalu mengingat Allah SWT dalam keadaan dan kondisi apapun agar tidak mudah digoda syetan yang bisa membahayakan dirimu sendiri.

  • Meningkatkan Keimanan

Justru ketika melihat syetan bisa juga menjadi cara untuk meningkatkan keimanan karena dengan rasa takutnya tersebut membuat kita menjadi lebih mengingat Allah SWT untuk memohonkan perlindungan dari kejahatan dan keburukan jin. Dengan demikian maka kita akan semakin meyakini kebesaran dan kekuasaan yang dimiliki oleh-Nya.

Ketika merasa takut melihat syetan maka janganlah merasa gelisah, tetaplah tenang dengan  melafalkan bacaan melihat hantu sehingga mendatangkan perlindungan dari Allah SWT.

Tinggalkan komentar