Cara Cek IMEI Samsung

Disaat kamu membeli handphone, pasti kamu akan menjumpai nomor International Mobile Equipment Identity atau biasa kita sebut dengan IMEI. Nomor IMEI sendiri merupakan nomor yang menyimpan berbagai macam data yang berkaitan langsung dengan smartphone. Nomor IMEI sendiri terdiri dari 14 sampai 16 digit.

IMEI memiliki kode bernama type allocation code atau TAC, kde ini dapat menunjukan pembuat dan model dari suatu smartphone. Setiap kode IMEI akan mengunci dan tetap melekat pada smartphone, sehingga tidak ada kaitan sama sekali dengan SIM card yang digunakan. Jika kamu melakukan reset pabrik dan mengganti SIM card sekalipun, kode IMEI ini tetap sama dan tidak akan berubah.

Maka dari itu, kamu dapat memanfaatkan kode atau nomer IMEI ini untuk memblokir smartphone, jika sewaktu-waktu smartphone kamu dicuri orang. Caranya dengan melaporkan nomor IMEI pada smartphone yang kamu punya ke gerai resmi penjualan seluler untuk di tindak lanjuti.

Cara Cek IMEI Samsung dengan Mudah

Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai Cara Cek IMEI Samsung Asli atau Palsu. Untuk dapat mengecek nomor atau kode IMEI pada smartphone Samsung kamu, terdapat 2 Cara. Silakan gunakan sesuai pilihan kamu.

Mengecek IMEI Samsung Melalui Keypad

  1. Pada keypad smartphone samsung kamu, tekan kode *#06#.
  2. Kemudian, tekan tombol call.
  3. Nantinya kode IMEI akan segera tampil di layar.
  4. Cara mengecek kode IMEI Samsung melalui cara ini dapat diterapkan untuk semua jenis tipe Android Samsung, bahkan bisa juga dipraktekan selain pada Smartphone samsung.

Mengecek IMEI Samsung Melalui Pengaturan

  1. Pada menu aplikasi, klik Settings/Pengaturan.
  2. Cari About Device/Tentang Ponsel.
  3. Selanjutnya tinggal kamu cari nomor IMEI. Pada versi tertentu, biasanya harus masuk status dulu, baru dapat mengecek nomor IMEI.

Selain kedua cara diatas sebenarnya kamu bisa mengecek IMEI lagi dengan berbagai pilihan aplikasi yang ada. Namun saya lebih menyarankan ketika mau mengecek IMEI menggunakan kedua cara diatas, kenapa? karena tidak hanya lebih mudah dan direkomendasikan pengecekanya, namun juga jika menggunakan cara diatas bisa lebih meminimalisir penggunaan RAM,  karena tidak menggunakan aplikasi lainya untuk mengecek IMEI.

Cara Cek Samsung Asli atau Palsu

Langkah selanjutnya setelah kamu mengetahui kode IMEI Samsung, kamu bisa mengunjungi website www.imei.info. Pada situs tersebut kamu bisa mengetahui berbagai info yang lebih rinci mengenai kode IMEI ponsel. Termasuk model, perusahaan pembuat hingga tahun smartphone kamu dirilis.

Lalu bagaimana cara kita bisa tahu bahwa Samsung kita Asli atau Palsu? Nah, untuk mengecek Samsung Asli atau palsu, caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengetikkan nomor IMEI yang kamu dapatkan dari Smartphone Samsung kamu tersebut. Setelah itu, kunjungi website imei.info, lalu berikan data lengkap mengenai smartphone Samasung kamu.

Apabila kamu sudah memasukkan IMEI yang tertera di Smartphone Samsung kamu dan hasilnya kode sama persis dengan di smartphone kamu maka itu Asli, tetapi jika data yang ditampilkan adalah data dari ponsel lain, maka bisa dipastikan bahwa Smartphone Samsung kamu tersebut adalah palsu.

Selain mengecek IMEI Samsung, saya juga telah membahas cara cek IMEI iPhone juga loh. Silakan di baca artikel tersebut jika kamu atau temanmu merupakan pengguna Smartphone iOS.

Cukup sekian artikel kali ini tentang Cara Cek IMEI Samsung Asli atau Palsu dengan Mudah. Bagi kalian yang masih bingung mengenai cek IMEI pada artikel ini, silahkan bisa masukan pertanyaanmu dikolom komentar bawah. Terima kasih.

Tinggalkan komentar