Cara Mengatasi Blue Screen

Cara Mengatasi Blue Screen

Blue Screen adalah salah satu masalah yang sering dialami pengguna laptop, khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows, baik itu Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10.

Blue Screen adalah kondisi dimana laptop hanya menampilkan layar berwarna biru saja. Biasanya, pada layar akan ada kode error yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi permasalahannya.

Bagi yang baru pertama kali mengalami Blue Screen, rasa panik pasti ada ya? Wajar, soalnya Blue Screen ini munculnya secara tiba-tiba, bisa saja saat Anda mengerjakan tugas lalu blue screen.

Untuk permasalahannya sendiri, bisa saja karena software maupun hardware, nanti akan saya jelaskan sekalian pada bagian “cara”. Baik langsung saja, berikut adalah beberapa cara mengatasi Blue Screen pada laptop Windows:

1. Restart Laptop

Restart Laptop

Restart adalah suatu hal yang biasa dilakukan ketika laptop mengalami permasalahan. Dengan restart, maka laptop akan mengulangi semua proses atau pekerjaan yang sedang dilakukan, termasuk ketika ada kesalahan.

Ketika Blue Screen, biasanya laptop akan restart secara otomatis setelah beberapa saat. Untuk merestartnya secara manual, Anda tidak bisa menggunakan tombol restart yang ada pada Windows. Lalu, bagaimana caranya?

Gampang kok, silahkan tekan dan tahan tombol power selama beberapa saat, jika layar laptop sudah hitam, lepaskan tombol tersebut. Setelah itu, silahkan tekan tombol power lagi untuk menghidupkannya.

2. Update Driver

Update Driver

Terkadang, driver yang usang juga bisa menjadi penyebab laptop Blue Screen. Hal ini mungkin saja terjadi karena masih ada bug pada driver tersebut. Jadi solusinya adalah dengan melakukan update driver.

Jika laptop Anda masih bisa masuk Windows, Anda bisa mengupdate driver menggunakan Driver Booster atau software lainnya. Selain itu, Anda juga bisa mendownload langsung driver yang dibutuhkan melalui website resmi laptop Anda.

Silahkan cari saja driver tersebut di Google dengan kata kunci contoh: “download driver Dell Inspiron 14″, setelah itu akan muncul website resmi dari laptop Anda, terakhir tinggal download driver dan install.

3. Scan Virus

Scan Virus

Jika ada kata virus, biasanya tidak pernah lepas dengan yang namanya permasalahan. Yups, virus memang sering menjangkit laptop dan menyebabkan suatu permasalahan, termasuk Blue Screen.

Penyebaran virus sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa melalui software yang diinstall, melalui website di internet, ataupun yang lainnya. Jadi, Anda harus selalu berhati-hati untuk menghindarkan laptop dari virus.

Untuk melakukan scan virus, Anda bisa menggunakan antivirus gratis maupun berbayar. Saat ini sudah banyak antivirus yang bisa digunakan, jadi silahkan install dan coba sendiri. Untuk pengguna Windows, Anda juga bisa menggunakan Windows Defender.

4. Uninstall Aplikasi

Uninstall Aplikasi

Tak jarang, masalah Blue Screen terjadi karena aplikasi yang diinstall di laptop tidak cocok. Saya pernah mengalami hal ini. Jadi, ketika hendak membuka aplikasi tersebut, laptop langsung Blue Screen.

Nah, jika Anda baru saja menginstall aplikasi dan mengalami Blue Screen, kemungkinan besar masalah tersebut karena aplikasi yang diinstall. Jadi, silahkan coba uninstall aplikasi tersebut melalui control panel.

Untuk melakukan uninstall sampai ke akar-akarnya, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu Revo Uninstaller, silahkan cari di Google.

5. Cek Hardware

Cek Hardware

Bagi yang dulunya masuk jurusan TKJ, pasti sudah tahu kalau RAM bermasalah sangat berhubungan erat dengan Blue Screen. Ya, itu memang sangat benar, ketika RAM bermasalah, memang cenderung terjadi Blue Screen.

Untuk itu, ketika Anda mengalami masalah ini, maka hardware pertama yang harus Anda cek adalah RAM. Silahkan cek terlebih dahulu apakah semua RAM terbaca di semua slot. Jika ada yang tidak terbaca, maka harus dilakukan perbaikan.

Cara paling dasar untuk memperbaiki RAM adalah dengan cara membersihkannya. Anda hanya perlu penghapus karet dalam hal ini. Caranya mudah, silahkan Anda gosokkan penghapus karet ke kuningan RAM sampai bersih, setelah itu silahkan pasang kembali RAM ke slot masing-masing.

6. Instal Ulang

Install Ulang

Setelah semua cara di atas Anda lakukan, namun masalah Blue Screen belum juga teratasi, maka langkah terakhir yang harus Anda coba adalah install ulang Windows.

Saya juga punya pengalaman terkait hal ini. Jadi, belum lama ini saya disuruh memperbaiki komputer milik tetangga desa yang Blue Screen. Semuanya sudah saya lakukan seperti update driver, scan antivirus, sampai cek hardware, dan semuanya tidak memberikan titik terang.

Akhirnya, saya putuskan untuk mencoba install ulang saja, dan akhirnya berhasil. Komputer tersebut sudah tidak Blue Scren lagi dan sudah bisa digunakan dengan normal.

Jadi, silahkan lakukan install ulang sistem operasi di laptop Anda. Saya sarankan langsung gunakan versi paling baru saja yaitu Windows 10. Soalnya, saat ini Windows 7 juga sudah tidak mendapatkan support lagi dari Microsoft.

Untuk install ulang, Anda bisa menggunakan flashdisk maupun CD/DVD sebagai medianya. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca cara install Windows 10 sebagai panduan Anda. Dalam artikel tersebut sudah lengkap dijelaskan cara instalasi dari awal sampai selesai.

Demikianlah artikel mengenai cara mengatasi Blue Screen. Semoga bisa bermanfaat dan membantu mengatasi masalah laptop Anda.

Tinggalkan komentar