Cara Mengatasi SSL Certificate Error

Cara Mengatasi SSL Certificate Error

Pengguna Google Chrome memang sering mengeluhkan mengenai permasalahan yang dialami, salah satunya adalah masalah Certificate dan SSL Connection Error. Sebenarnya masalah ini hampir sama dengan masalah your connection is not private hanya saja namanya yang berbeda.

Nah, ketika Anda menggunakan Google Chrome pasti pernah mengalami masalah ini, jika pun belum pernah mungkin suatu saat akan mengalaminya. Sebenarnya masalah ini sebatas masalah yang wajar, cara untuk mengatasinya juga terbilang mudah.

Ketika mengalami masalah ini, Google Chrome tidak akan bisa digunakan untuk membuka situs apapun, membuka google saja tidak bisa. Jadi, mau tidak mau Anda harus memperbaiki dengan cara-cara yang ada. Dan pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara untuk mengatasi certificate dan SSL connection error pada Google Chrome.

Kode masalah yang terkait dengan certificate dan SSL connection error antara lain sebagai berikut:

  • SSL Certificate Error.
  • SSL Connection Error.
  • Security Certificate Error.
  • Untrusted Connection.
  • Invalid Server Certified.
  • Cannot connect to the real site.
  • Dan semacamnya.

Nah, jika Anda menemukan masalah-masalah di atas, maka kemungkinan Anda bisa mengatasinya dengan cara-cara dalam artikel ini. Oh ya, bagi teman-teman yang mungkin belum tahu penampakan gambar Google Chrome ketika mengalami masalah certificate dan SSL connection error bisa lihat gambar di atas.

Google Chrome Certificate SSL Connection Error

Dalam kasus ini kami mengalami masalah Cannot connect to the real adf.ly. Untuk mengatasinya, silahkan coba gunakan cara-cara di bawah ini.

1. Mengubah Waktu (Jam&Tanggal)

Cara Mengatasi SSL Certificate Error

Waktu yang tidak sesuai terkadang akan menyebabkan sertifikat keamanan sebuah website yang diakses seakan-akan sudah habis, maka dari itu silahkan benarkan waktu pada perangkat Anda jika memang tidak sesuai. Untuk setiap sistem operasi caranya berbeda-beda, kalau untuk Windows silahkan klik kanan pada jam (pojok kanan bawah) lalu pilih adjust date/time.

2. Hapus Browsing Data

Cara Mengatasi SSL Certificate Error

Terkadang, cache dan cookie pada Google Chrome juga akan menyebabkan masalah jika tidak pernah dibersihkan. Selai itu, bisa juga menyebabkan Google Chrome juga semakin berat. Untuk itu, silahkan hapus browsing data dengan cara menekan tombol Ctrl+Alt+Del pada keyboard.

Untuk menghapus semua data Google Chrome baik itu history, cookies, cache, dan passoword, pada bagian Obliterate the following items from silahkan pilih The begining time > centang semua opsi > klik Clear browsing data.

3. Tambahkan Target

Cara ini biasanya paling ampuh untuk mengatasi certificate dan SSL connection error pada Google Chrome. Caranya pun sangat mudah, silahkan lihat langkah singkat di bawah ini.

  • Letakkan icon Google Chrome di Desktop (Halaman Awal).
  • Setelah itu, klik kanan lalu pilih Properties.
  • Pada kolom target silahkan tekan spasi 1x dan tambahkan kode berikut ini –ignore-certificate-errors lalu klik Ok.

Setelah Anda masukkan kode tersebut, silahkan coba Google Chrome untuk browsing, biasanya sudah lancar. Namun, jika ternyata masih error, silahkan Anda lakukan restart pada laptop, biasanya Google Chrome sudah bisa digunakan dengan normal.

4. Install Ulang Google Chrome

Langkah terakhir yang harus dilakukan jika cara-cara di atas tidak bisa adalah dengan menginstall ulang Google Chrome. Silahkan Anda unduh terlebih dahulu setup Google Chrome dan uninstall Google Chrome lama, setelah itu jalankan setup sampai selesai.

Nah, itulah artikel mengenai cara mengatasi certificate dan SSL connection error pada Google Chrome. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu menyelesaikan permasalahan Anda semua.

Tinggalkan komentar