cara mengukur kitchen set untuk dapur

Cara Mengetahui Ukuran Kitchen Set

Apakah Anda ingin membeli lemari dapur dan berbagai perlengkapannya? Ada hal yang lebih penting dari itu daripada memilih warna dan gaya yang Anda suka yakni mengetahui ukuran kitchen set Anda.

Jika Anda baru tahap membangun rumah, maka sangat penting untuk mengetahui ukuran standar kitchen set. Tapi, bagaimana cara untuk mengetahuinya?

Berikut ini adalah panduan sederhana untuk mengetahui dimensi standar dapur Anda sehingga memudahkan dalam pemasangan kitchen set nantinya.

3 Cara Mengukur Kitchen Set untuk Rumah

1) Mengukur Dimensi Kayu Dinding

Dimensi kayu dinding adalah lemari yang terpasang di atas meja dan tidak menyentuh tanah.

Dimensi ini umumnya digunakan untuk menyimpan peralatan dapur atau makanan ringan dan menempel langsung ke dinding dapur Anda. Lemari dinding mengatur tone untuk dapur Anda karena ukurannya setinggi mata dan paling sering digunakan.

Dimensi ini enderung menjadi lemari yang lebih menyenangkan karena Anda dapat menambahkan pencahayaan, kaca, dan fitur lainnya untuk menambah kepribadian pada dapur Anda.

Nah, ukuran dimensinya memiliki kisaran tinggi 30 cm, 35 cm, 38 cm, 44 cm, 70 cm, 86 cm dan 110 cm. Ketinggian kabinet dinding biasanya terbatas karena harus sesuai antara meja dapur dan langit-langit.

Lebar standar untuk kabinet dinding pintu tunggal atau ganda umumnya tersedia dalam lebar dari 23 cm hingga 91 cm dan kedalamanannya sekitar 61 cm.

2) Mengukur Dimensi Dasar Kabinet Tinggi

Dimensi dasar kabinet tinggi adalah apa yang Anda temukan untuk lemari dapur.

Kabinet tinggi memang kurang umum tetapi sangat membantu ketika dipasang dengan benar. Anda dapat memilih ini dalam ukuran yang cukup panjang untuk diletakkan memanjang dari lantai hingga langit-langit.

Dimensi dasar kabinet tinggi memiliki ukuran 213, 220 dan 235 cm. Anda dapat memilih kabinet untuk dijangkau dari lantai ke langit-langit, atau Anda dapat memiliki kabinet 213 cm yang tingginya sekitar 30 cm di atas antara kabinet dan langit-langit.

Dengan ketinggian ini biasanya Anda dapat menambahkan beberapa tanaman pot atau ornamen-ornamen lucu lainnya.

Adapun lebar yang biasa dimiliki adalah 114 cm, 61 cm, dan 76,2 cm. Sementara lebar 61 cm adalah ukuran sedang yang terlihat bagus di sebagian besar dapur.

Untuk ukuran 76,2 cm akan cocok bagi orang-orang yang ingin menambah laci tarik atau mungkin menggunakan ruang untuk penyimpanan makanan lebih banyak.

Adapun ukuran kedalaman standar yang dimiliki adalah 61 cm. Lemari yang dalam sangat bagus untuk menjaga agar makanan tidak terperosok jauh ke lemari.

Kedalaman itu akan memudahkan Anda menyimpan barang-barang  dan menyediakan akses yang lebih mudah. Lemari dengan kedalaman 61 cm bagus untuk menambah tarikan atau laci. Anda dapat menyimpan slider atau kotak yang lebih besar di dalam lemari yang dalam ini.

3) Mengukur Dimensi Kabinet Dasar

Jangan lupakan kabinet dasarnya! Bagian yang kokoh dan penting ini langsung berada di lantai dan melakukan “pengangkatan berat” ketika datang ke penyimpanan dapur.

Kabinet dasar biasanya merupakan tempat Anda menyimpan barang-barang dapur yang lebih besar seperti mixer, panci besar, dan wajan, dan barang-barang yang cenderung tidak Anda tarik setiap hari.

Kabinet dasar memiliki wastafel yang terpasang di dalamnya dan memiliki kompor.

Pada dasarnya, dimensi kabinet dasar adalah penghitung paling mahal untuk dipasang karena mereka adalah yang paling serbaguna dan harus paling kokoh.

Sederhananya, Anda bisa mendesain dapur tanpa dinding atau lemari tinggi, tetapi Anda tidak bisa melakukannya tanpa kabinet dasar yang menjadi komponen utama kitchen set.

Berikut adalah beberapa contoh ukuran standar kitchen set yang lebar dan setara:

  • 22 cm, 30 cm, 44 cm atau 61 cm, baik untuk menyimpan loyang, tempat rempah-rempah, barang yang tarik-keluar dll
  • 61 cm digunakan untuk satu wastafel
  • 81 cm digunakan untuk kitchen sink tunggal
  • 91 cm baik digunakan untuk kitchen sink ganda.
  • 106 cm baik digunakan untuk banyak macam karena bisa dikatakan ukuran 106 cm adalah lebar terbesar pada sebuah kabinet dasar.

Anda bisa mendesain kitchen set Anda dengan ukuran U, single line atau bisa juga L.

Semua tergantung dengan keinginan atau preferensi Anda sesuai dengan selera. Jangan lupa gunakan ukuran standar kitchen set di atas!

Tinggalkan komentar