Cara Menghilangkan Karat Pada Rantai

Cara Menghilangkan Karat Pada Rantai

Mempunyai kendaraan bermotor memang menjadi hal yang umum untuk kita semua para pengendara kendaraan bermotor. Terlebih sekarang ini sudah banyak para pengguna yang memiliki kendaraan motor lebih dari satu unit. Masing-masing dari kendaraan yang mereka miliki pasti diantara kendaraan tersebut mempunyai kegunaannya sendiri.

Terlebih sekarang ini sudah banyak varian jenis motor, misal seperti motor bebek, sport, matic bahkan sampai motor besar seperti moge pun ada. Mau seberapa banyak jenis kendaraan kalau kita tidak bisa merawatnya ya untuk apa? Maka dari itu, kalian semua harus bisa merawat kendaraan yang kalian miliki di rumah.

Maka dari itu kalian jangan hanya menggunakannya saja, tapi kalian juga harus bisa mengecek, merasakan dan melakukan service pada motor secara rutin. Misal kalian mempunyai motor bebek, maka kalian harus melakukan pengecekan dari hal kecil, seperti rantai pada bagian gear misalnya.

Walaupun terlihat sepele, tapi rantai ini memiliki peranan penting bagi kendaraan motor bebek, apabila rantai motor itu putus atau rusak maka motor bebek tersebut tidak akan bisa digunakan walaupun kondisi dari mesin itu terlihat normal dan biasa-biasa saja.

Jaga kebersihan rantai dari kotoran-kotoran yang bisa mengakibatkan dampak negatif pada motor, misal seperti membersihkan rantai jikalau rantai tersebut kotor. Untuk membersihkan rantai sendiri kalian bisa menggunakan cairan pembersih rantai yang terdapat di bengkel terdekat.

Lantas bagaimana cara membersihkan rantai motor yang memang sudah berkarat? Gampang! Kalian tidak usah merisaukan hal itu, kalian cukup membaca artikel dibawah ini yang membahas tentang bagaimana cara membersihkan karat pada rantai.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan ini bersama-sama..

Cek Rantai Secara Keseluruhan

Cara Menghilangkan Karat Pada Rantai
Rantai Motor

Mengenai cara menghilangkan karat pada rantai motor itu pertama-tama yang harus kalian lakukan ialah dengan cara mengecek kondisi dari rantai tersebut secara menyeluruh. Dengan kita selalu rutin mengecek rantai secara rutin, maka rantai tersebut akan terhindar dari karatan yang mengakibatkan dampak negatif.

Apabila kalian bermalas-malasan dalam mengecek kondisi dari rantai tersebut, maka kotoran-kotoran akan semakin bertambah dan akhirnya akan mengakibatkan rantai dari motor yang kalian miliki itu akan berkarat.

Beri Pelumas Secara Rutin

cara menghilangkan karat pada rantai
Pembersih Rantai

Apakah pelumas atau cairan pembersih rantai itu penting? Tentu saja sangat penting, karena fungsi dari cairan pembersih rantai itu bisa membersihkan kotoran-kotoran pada rantai yang nantinya akan melindungi dari karatan.

Pelumas atau cairan pembersih rantai juga selain dari digunakan untuk mencegah karat pada rantai, cairan tersebut juga digunakan sebagai bahan awet dari umur rantai. Ngerti kan ya maksudnya bahan awet dari umur rantai itu apa?

Harga dari cairan pembersih rantai motor ini bisa terbilang cukup murah, jikalau kalian membeli di bengkel atau di indomart, cairan tersebut hanya diberin bandrol kurang lebih sekitar Rp. 22.000 sampai Rp. 30.000 saja. Murah bukan?

Maka dari itu kalian tidak usah merasa ragu dalam merawat rantai motor.

Cuci Rantai yang Kotor

Cara menghilangkan karat pada rantai motor yang terakhir itu cukup membersihkan rantai pada motor secara rutin. Misal seperti 3 atau 4 hari sekali kalian mencuci motor sekaligus membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada rantai tersebut.

Berbagai macam bahan cairan untuk membersihkan motor itu bisa menggunakan bensin, cairan bensin itu bisa digunakan untuk mengangkat kotoran-kotoran pada rantai, dan juga akan menghasilkan rantai tersebut bersih mengkilap seperti baru lagi.

Seperti itulah cara membersihkan karat pada rantai motor yang efektif, semoga adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba 🙂

Tinggalkan komentar