Cara Mereview Jurnal

Cara Mereview Jurnal

Dalam melakukan review jurnal, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari jenis jurnal hingga inti pembahasan yang beragam karena keragaman dari jurnal tersebut.

Masing-masing jenis jurnal memiliki teknik review yang berbeda-beda.

Bagaimana cara mereview jurnal yang beragam macamnya tersebut? Poin penting apa saja yang perlu diperhatikan ketika mereview jurnal?

Simak ulasannya dibawah ini..

Cara Mereview Jurnal Yang Baik Dan Benar

Melakukan review jurnal bisa dibilang gampang-gampang susah. Bagi yang telah mengerti bagaimana tata cara ataupun langkah-langkahnya, maka akan mudah dalam melakukan review.

Jika belum mengerti bagaimana tata cara yang benar, maka akan mengalami kesulitan di awal memulai review.

1. Catat Poin Penting

Langkah pertama adalah mencatat poin-poin penting atau mencari pokok pembahasan dari jurnal tersebut. Catatlah pada sebuah kertas dan pastikan Anda memahami catatan yang tertulis tersebut untuk memudahkan dalam review.

Dengan melakukan pencatatan poin penting ini tentunya akan menghemat waktu Anda dibandingkan harus membaca keseluruhan isi jurnal.

2. Membuat Kerangka Review

Tahap selanjutnya adalah melakukan pembuatan kerangka review untuk memudahkan Anda dalam menyusun review jurnal.

Pada bagian awal atau pembuka, tulislah dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa serta ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu Anda dalam membuat review jurnal tersebut.

Buatlah daftar isi dari pembahasan review jurnal agar memudahkan siapapun yang akan membacanya nanti.  Ketika membuat judul isi, sebaiknya jangan berisikan opini. Mengapa demikian? Karena persepsi orang-orang akan berbeda setelah membaca judul isi.

Kerangka selanjutnya berisikan tentang keterangan dari jurnal tersebut.

Contohnya disini adalah bagaimana gaya penulisan dari jurnal tersebut hingga informasi tentang jurnal tersebut, termasuk nama penulis dan sebagainya. Usahakan tidak menyingkat penggunaan kata atau memotong informasi penting karena hal tersebut akan mencerminkan ketelitian Anda.

3. Mengenalkan Jurnal

Cara mereview jurnal yang baik adalah jangan lupa untuk memperkenalkan jurnal tersebut atau seringkali disebut sebagai Introduction Jurnal. Disini Anda bisa menuliskan alasan mengapa jurnal tersebut banyak dibaca oleh banyak orang.

Selain mengenalkan kelebihan atau alasan banyak orang membacanya, jangan lupa untuk memperkenalkan siapa penulis jurnal tersebut. Buatlah tulisan biografi singkat dari penulis hingga prestasi yang telah ia capai dalam hidupnya.

Dalam menulis ini, pastikan Anda membuatnya bahwa jurnal tersebut bagus untuk direview dengan sesaui kaidah aturannya. Sebagaimana yang telah dijelaskan di situs Cryptowi.com.

4. Terangkan Metodologi Pada Jurnal

Setiap jurnal yang dikeluarkan oleh seseorang, tentunya akan membahas tentang metodologi yang digunakan dalam tulisan tersebut. Anda bisa membahas metodologi tersebut secara singkat, jelas, padat dan berbobot.

Dalam penulisan ini, Anda bisa menambahkan kelebihan ataupun kekurangan dari metodologi tersebut.

5. Tuliskan Sumber Jurnal

Adapun yang dimaksudkan disini adalah darimana Anda bisa mengetahui jurnal tersebut? Bagaimana cara Anda bisa mendapatkan jurnal tersebut? Pastikan Anda menuliskannya selengkap mungkin, namun tidak perlu terlalu panjang sekali.

6. Menulis Isi Jurnal

Dalam menulis isi jurnal, Anda bisa memperhatikan poin-poin penting yang sudah dicatat sebelumnya. Pastikan dalam menulis isi dari jurnal yang Anda baca memiliki bobot yang cukup tinggi. Ketika menuliskan isi dari jurnal, sebaiknya dituliskan secara detail dan ditulis menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

7. Buatlah Kesimpulan dan Penutup

Akhir dari review jurnal yang baik dan benar adalah membuat kesimpulan dari isi tulisan yang telah Anda buat sebelumnya. Dalam menuliskan kesimpulan, sebaiknya perbanyak sisi positif dari jurnal tersebut dan minimalisir kekurangan dalam jurnal tersebut. Jangan lupa untuk membuat penutup singkat dengan 2 paragraf menggunakan kata-kata yang mudah dipahami.

Tinggalkan komentar