Fungsi Ring Piston

Fungsi Ring Piston

Terdapat banyak sekali komponen-komponen yang berada didalam mesin, yang mana masing-masing dari komponen tersebut mempunyai kegunaan dan cara kerja tersendiri. Mungkin ada beberapa orang yang tidak mengetahui mengenai banyaknya komponen yang berada didalam mesin.

Hal ini perlu kita ketahui karena sangat penting sekali bagi keawetan dari mesin itu sendiri, apabila didalam mesin terdapat komponen yang memiliki nama ring seher, maka pada bagian tersebut memang memiliki peranan penting dan memiliki pengaruh besar terhadap kualitas kerja mesin.

Terutama berpengaruh pada proses pembarakan, perlu kita ketahui juga bahwa ring dari seher ini menjadi alat pembatas antara seher dengan dinding seher atau block mesin (boring). Ring seher ini bukan hanya digunakan untuk motor keluaran terbaru, namun pada motor jadul atau keluaran lama pun sudah menggunakannya.

Bentuk dari seher yang sama, namun ukuran dari seher tersebut berbeda, karena untuk saat ini ada beberapa varian kendaraan bermotor yang memiliki ruang kapasitas pada mesin yang lebih besar. Lantas fungsi dari ring seher itu apa si, dan bagaimana cara kerja dari ring seher tersebut terhadap mesin?

Saya yakin bahwa diantara kalian semua sudah ada yang mengetahui mengenai bagaimana cara kerja dan fungsi dari ring seher tersebut, namun disini saya akan sedikit mengulang pembahasan mengenai fungsi dan cara kerja dari komponen itu, karena saya juga yakin bahwa ada beberapa bagian dari kalian belum ada yang mengetahuinya.

Berikut dibawah ini akan ada pembahasan mengenai jenis, fungsi dan cara kerja dari ring seher tersebut. Simak baik-baik yah, ilmu nih 🙂

Jenis Ring Piston

fungsi ring piston
Ring Piston

Seperti yang telah dikatakan oleh mamangbengkel dalam ring seher terbagi menjadi tiga bagian, yang mana masing-masing dari ring tersebut mempunyai tugas tersendiri. Untuk pemasangan ring seher pun memang harus teliti dan sesuai, terlebih dari ring satu dan ring kedua.

Sedangkan untuk ring yang ketiga itu memang beda, dan ring ke tiga itu adalah ring yang membedakan antara jenis motor 4 tak dan juga 2 tak.

Fungsi Ring Seher

Fungsi dari ring seher urutan nomer satu itu mempunyai kegunaan untuk membendung tekanan dari kompresi yang sudah dihasilkan dari proses pembakaran secara berlangsung, kemudian jenis ring seher yang kedua itu mempunyai fungsi sebagai kompresi dan juga sekaligus guna menyapu oli liner atau bisa disebut dengan pelumas.

Sedangkan fungsi untuk ring seher urutan ketiga atau terahir ini ialah untuk membedakan antara motor 4 tak dan 2 tak. Selain itu, fungsi dari ring seher terakhir ini digunakan untuk wadah atau tempat penyimpanan oli dan linernya.

Cara Kerja Ring Seher

Dari proses pembakaran titik bawah menuju titik atas, ketika itu ring seher telah bekerja. Yang mana akan terjadinya suatu tekanan gas buang pada bagian ruang bakar, maka ring oli akan bekerja dengan cara mengembang kebagian permukaan silinder.

Kemudian, ketika posisi seher atau piston sudah mulai bergerak ke atas dan ke bawah, ring oli akan berada pada bagian posisi paling atas. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena terjadinya gesekan antara dinding silinder dan ring oli.

Ketika si seher tersebut bergerak dari bawah menuju keatas, ring seher pada bagian kompresi akan bekerja. Hal ini sangat dimanfaatkan untuk bisa menghasilkan kompresi pada motor dengan sempurna. Jadi intinya ada beberapa tahapan dari langkah pembuangan, penghisapan dan terakhir menghasilkan sebuah kompresi.

Demikian artikel dari kami yang menjelaskan mengenai cara kerja dari ring seher itu seperti apa, dan apa saja fungsi dari ring seher tersebut pada bagian mesin. Sudah cukup jelas? Semoga artikel ini bisa membantu kalian semua dalam menyelesaikan masalah kerusakan pada mesin.

Tinggalkan komentar