Manfaat Surat Dalam Al Quran Untuk Kehidupan

Manfaat Surat Dalam Al Quran Untuk Kehidupan

Alquran sebagai kitab umat Islam yang memiliki berbagai surat serta ayat yang memiliki makna yang dalam berkaitan dengan kisah-kisah maupun perintah yang wajib kita penuhi sebagai umat Islam.

Tidak hanya dibaca, hendaknya intisari dari Alquran harus dipahami dengan sepenuh hati yang kemudian diamalkan dalam perbuatan.

Al Quran terdiri dari 30 juz dan 114 surat yang memiliki berbagai keutamaan dan manfaat apabila dibaca, dipahami, dan diamalkan dalam perbuatan sehari-hari.

Artikel kali ini akan membahas lima surat dalam Quran yang wajib diketahui umat muslim agar bermanfaat di dunia dan akhirat.

5 Surat Al Quran dan Manfaatnya untuk Kehidupan

Ingin tahu lebih detail? Simak ulasan di bawah ini.

1. Surat Al-Fatihah

Surat ini merupakan salah satu surat dasar yang wajib diketahui dan dihafalkan oleh umat muslim. Selain menjadi surat pembuka dalam Alquran, surat ini juga dibaca pada saat shalat dan setelah membaca doa selesai shalat.

Surat Al-Fatihah memiliki berbagai keutamaan, jika dibaca sebelum tidur surat ini akan memberikan keamanan dan dijauhkan dari gangguan setan apabila diiringi dengan tiga surat pendek yaitu Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.

Apabila surat ini dibaca terus menerus, maka akan menyembuhkan penyakit-penyakit kecil seperti sakit mata, perut, gigi, dan penyakit lain yang diridhai Allah untuk sembuh.

Surat ini juga dapat menjadi salah satu surat yang dapat mencegah amarah Allah.

2. Surat Yasin

Surat kedua yang dapat memberikan manfaat di dunia dan di akhirat yaitu surat Yasin. Surat Yasin ini biasa dibaca oleh orang-orang ketika tahlil, ziarah ke kuburan, dan ketika orang sakit yang telah mendekati naza’nya.

Surat ini telah diumumkan dalam Quran yang menyebutkan bahwa pembacanya akan dilindungi dari perbuatan yang buruk dan kejahatan. Pembaca dari surat ini juga akan senantiasa diberikan kemudahan dalam mewujudkan segala keinginan.

Apabila dibaca dengan sungguh-sungguh, surat ini akan membantu agar dosa-dosa kita terampuni dan dapat diselamatkan dari hausnya pada saat hari kiamat.

Oleh karena itu banyak-banyaklah membaca surat ini karena memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan di dunia dan di akhirat.

3. Surat Dhuha

Surat ini terkenal dengan keutamaannya yang dapat memperlancar rezeki seorang hamba yang membacanya secara istiqomah.

Dalam surat ini, Allah mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan kita baik dalam jumlah kecil maupun dalam jumlah besar.

Apabila sedang mengerjakan sholat duha sambil membaca surat dhuha ini maka pelaksananya akan diampuni dosanya oleh Allah meskipun dosa yang diperbuat sebanyak jumlah buih yang ada di lautan.

Jika menginginkan dipermudah urusan, diberi kelancaran dalam segala hajat, alangkah baiknya untuk membaca surat ini dalam ketika shalat dhuha.

4. Surat Al- Mulk

Apabila Anda ingin dijauhkan dari siksa kubur, hendaknya membaca surat Al-Mulk. Surat ini dapat melindungi kita dari siksa kubur yang sangat menyeramkan.

Surat ini akan memberikan syafaat dalam hal meringankan siksa kubur apabila dibaca setiap hari dan mengamalkan hukum yang telah ditetapkan di dalamnya.

Adapun manfaat bagi di dunia, surat Al-Mulk apabila dibaca secara rutin setiap ayatnya akan selalu memberikan kebaikan.

Kebaikan ini yang nantinya akan memberikan kemudahan bagi orang yang membacanya agar selalu dimudahkan dalam segala urusan.

5. Surat Al-Waqiah

Selain surat Dhuha, Surat Al-Waqiah juga merupakan salah satu surat yang terkenal dengan keutamaannya memberikan rezeki kepada pembacanya.

Surat ini berisi tentang kejadian pada saat hari kiamat dan balasan bagi orang mukmin dan kafir.

Surat ini juga menjelaskna tentang asal mula diciptakannya manusia dimulai dari api, berbagai jenis tumbuhan, serta kebesaran Allah yang juga diceritakan dalam surat ini.

Arti bacaan yang dipahami oleh pembaca pastinya akan memberikan kesadaran bagi umat Islam untuk senantiasa melakukan kebaikan agar terhindar dari siksa api neraka.

Lima surat yang memiliki keutamaan di dunia dan di akhirat di atas dapat menjadi salah satu surat yang dibaca setiap hari. Pada dasarnya setiap surat mengandung kebaikan, namun bagaimana caranya agar kebaikan tersebut tersalurkan dengan baik melalui amal perbuatan yang dilakukan pula.

Tinggalkan komentar