Pengertian Jurnal

Pengertian Jurnal

Ketika mendapatkan tugas membuat sebuah jurnal pasti Anda langsung terbayang dengan tulisan ilmiah maupun penelitian bukan? Perlu Anda ketahui dahulu, bahwasannya jurnal tidaklah serumit apa yang sedang Anda bayangkan.

Jurnal telah memiliki beberapa jenis seperti jurnal umum, kegiatan, penelitian, penyesuaian dan khusus. Sehingga dari beberapa jenis tersebut akan memiliki pengertian jurnal yang berbeda-beda.

Untuk Anda yang ingin memahami lebih dalam seputar jurnal silahkan simak bahasannya sebagai berikut.

Pengertian Jurnal Umum

Secara umum jurnal adalah segala aktivitas yang mencatat transaksi segala jenis yang bersifat umum di perusahaan. Jurnal umum merupakan catatan yang telah dibukukan secara detail dan lengkap.

Jurnal umum biasanya juga sering disebut sebagai jurnal memorial karena segala transaksinya dicatat secara kronologis dengan tepat berdasarkan pada waktunya.

Untuk jurnal umum dibidang akuntasi pada perusahaan dagang atau jasa mempunyai peran yaitu mencatat segala transaksi keuangan penjualan barang, pembelian barang, penerimaan kas, pengeluaran kas dan semua beban yang menyangkut didalam perusahaan. Pencatatan ini dilakukan sesuai dengan urutan waktu tepat dan permanen.

Pengertian Jurnal Kegiatan

Jurnal kegiatan adalah pencatatan yang terstruktur dalam aktivitas pembelajaran yang mempunyai aspek penting guna untuk menentukan keberhasilan didalam kegiatan tersebut.

Dalam artian bahwasannya jurnal kegiatan dapat membantu sebagai tolak ukur sejauh mana kegiatan pembelajaran telah diajarkan dan mengontrol para murid atau guru.

Didalam jurnal kegiatan belajar juga memiliki beberapa jenis seperti jurnal didalam kelas, jurnal untuk guru mata pelajaran dan ada juga jurnal guru piket.

Ketiga jurnal tersebut mempunyai peran dan keguanaan masing-masing diantara lain:

Jurnal di kelas yaitu berupa daftar absensi siswa yang tidak boleh sama sekali (tidak diisi) dan harus ditandatangi oleh guru pengajar.

Jurnal guru pengajar yaitu sebagai tolak ukur sampai mana yang telah dilakukan proses pembelajarannya. Sehingga jurnal ini diharuskan selalu dibawa guru pengajar.

Jurnal guru piket: Guru piket ini mempuyai peran sebagai guru pengganti utama apabila tidak masuk kelas, sehingga guru piket mempunyai jurnal yang tertulis guna untuk bukti pembukuan.

Pengertian Jurnal Penelitian

Jurnal Penilitian adalah suatu laporan dari peneliti yang menunjukan tentang hasil penelitian yang sudah dilakukan secara ilmiah. Pada dasarnya adalah proses langkah demi langkah penelitian yang dapat di pertanggung jawabkan atas penelitiannya dari tata cara yang dipakai dalam pembuatan serta penataan pada laporan penelitian.

Rata-rata setelah melakukan pembuatan laporan penelitian nantinya kemudian akan dimasukkan dalam terbitan kumpulan jurnal bersama-sama dengan laporan penelitan lainnya.

Didalam jurnal penelitian juga terdapat manfaat yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

Pertama: Untuk bahan referensi sebagai pengambilan keputusan ketika akan melakukan penelitian.

Kedua: Untuk menguji keakuratan karya ilmiah yang sudah pernah dilakukan sebelumnya.

Ketiga: Sebagai media saling tukar informasi mengenai hasil penelitian yang telah dilakukan.

Maka bagi Anda yang saat ini mahasiswa tingkat akhir yang sedang membutuhkan referensi jurnal jangan bosan-bosan untuk memperbanyak membaca informasi tentang jurnal.

Jurnal Penyesuaian

Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat pembukuan ketika mengalami perubahaan transaksi keuangan. Kemudian baru dilakukan penyesuaian dengan jumlah yang sesungguhnya pada akhir periode.

Pada intinya Jurnal penyesuaian ini dicatat pada akhir periode setelah penyusunan neraca saldo.

Jurnal ini memiliki peran untuk menetapkan saldo catatan dari akun buku besar akhir periode dan menghitung pendapatan dan beban selama periode yang telah dilakukan.

Tinggalkan komentar