tipe tipe rumah

Tipe Tipe Rumah

Tidak seperti pembangunan rumah tradisional yang bebas dibangun dengan beragam ukuran tanpa mengetahui secara spesifik tipe-tipenya.

Kini pengkategorian tersebut dibuat agar perumahan modern dapat diukur dengan tepat. Anda bisa memilih beberapa tipe rumah terpopuler agar dapat menyesuaikan beragam kondisi bangunan.

Tipe-tipe rumah tersebut bisa Anda temukan saat hendak membeli properti atau lahan di kompleks perumahan. Berikut adalah daftar tipe-tipe rumah.

Makna Tipe Rumah

Mungkin sebagian dari kita masih belum mengetahui makna dari tipe rumah 36/72 atau tipe rumah 70/90, dan sebagainya.

  • Tipe 36/72 memiliki makna bahwa rumah ini memiliki luas bangunan sebesar 36 meter persegi di atas lahan 72 meter persegi.
  • Tipe 70/90 memiliki makna luas bangunannya sebesar 70 meter persegi di atas lahan 90 meter persegi.

Jadi, angka pertama bermakna luas bangunan dan angka kedua bermakna luas tanahnya.

Tipe 21/24

rumah tipe 21

Tipe kedua yakni rumah yang memiliki luas sekitar 24 meter persegi saja. Ini menjadi tipe rumah paling kecil. Rumah ini seringkali dibangun di kompleks perumahan yang benar-benar padat penduduk karena hanya dibangun di atas luas tanah maksimal 4×6 m saja.

Bangunan rumah tipe 21/24 memiliki sedikit ruang, antara lain 1 kamar tidur, dapur, halaman depan, ruang tengah, dan ruang tamu. Untuk jumlah penghuninya, tipe ini cocok jika dihuni seorang atau dua orang penghuni saja.

Harga rumah tipe 21/24 ini ada di angka Rp 80 hingga Rp 300 jutaan.

Tipe 36/x

rumah tipe 36

Tipe rumah ini merupakan salah satu yang memiliki banyak peminat karena desainnya minimalis. Rumah ini sangat sesuai jika disebut sebagai rumah modern yang cocok di pemukiman yang padat penduduk.

Walaupun rumah ini cukup kecil namun desainnya modern dan elegan, hanya dibangun di atas tanah yang berukuran 36 meter persegi.

Rumah tipe ini tergolong sebagai rumah sederhana yang pas untuk kehidupan keluarga kecil atau pengantin baru. Anda bisa memperoleh 2 kamar tidur, 1 dapur, 1 kamar mandi, ruang tamu, dan ruang tengah dengan rumah tipe 36.

Harga rumah tipe 36 ada di angka Rp 200 hingga Rp 500 jutaan. Untuk kota-kota besar, seperti Jakarta atau Surabaya ada di angka Rp 400-500 jutaan.

Tipe 45/x

rumah tipe 45

Rumah yang dibangun di tanah berukuran 45 meter persegi memiliki ukuran yang lebih besar, Anda bisa membangun beberapa kamar tidur, dan ruang penting lainnya tanpa mengurangi luas halaman depan dan garasi Anda. Rumah tipe ini sangat cocok jika dihuni oleh keluarga dengan jumlah anggota 4 orang atau lebih.

Anda bisa memberikan tambahan pembangunan jika merasa ruang-ruang penting di rumah tipe 45 masih kurang banyak. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sedikit bagian untuk teras rumah minimalis.

Harga rumah tipe 45 ada di angka Rp 300 hingga Rp 600 atau 700an.

Rumah tipe 45 ini cocok bagi Anda yang baru berkeluarga atau memiliki anggota keluarga tak banyak, misalnya 2 orang anak. Perihal konsep desain rumah tipe 45 ini bisa Anda temukan di salah satu website, misalnya dekadeko.com.

Tipe 54/x

rumah tipe 54

Rumah tipe 54 artinya dibangun pada tanah yang luasnya 54 atau 9 x 6 meter. Bangunan ini termasuk yang memiliki ukuran proporsional karena Anda bisa memperoleh 3 ruang kamar tidur. Tipe 54 cocok dihuni oleh keluarga dengan jumlah anggota 4 orang atau lebih tergantung pada model bangunannya, bertingkat ataukah tidak.

Karena tipe rumah 54 ini cukup besar, Anda bisa membangun rumah dengan konsep minimalis modern ataupun mewah, baik pada interior maupun eksteriornya.

Area lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan desain ini adalah adanya carport sebagai pengganti garasi dan taman kecil baik di depan atau di belakang rumah.

Harga tipe ini berkisar Rp 300 hingga Rp 800 juta per unitnya.

Tipe 60/x

rumah tipe 60

Luas bangunan tipe rumah ini adalah 60 meter persegi dengan luas tanah biasanya, 72, 80, 90, 100, atau 120 meter persegi.

Dengan luas bangunan 60 meter persegi, rumah biasanya terdiri dari 4 KT (3 kamar utama + 1 kamar asisten rumah tangga), ruang tengah, dapur, dan kamar mandi. Sementara, luas tanah yang berlebih di bagian depan atau belakang bisa Anda maksimalkan dengan membangun taman.

Harga rumah tipe 60 biasanya ada di rentang Rp 400 sampai dengan Rp 900 jutaan.

Tipe 70/x

rumah tipe 70

Tipe ini biasanya dipinang oleh kalangan kelas menengah ke atas. Konsep desain yang biasanya diterapkan pada hunian tipe ini, yakni minimalis, modern, tropis, compact, atau mewah.

Bila anggota keluarga Anda lumayan banyak, tak ada salahnya untuk membangun rumah tipe ini menjadi 2 lantai. Alhasil, tampak lebih megah dan lapang.

Harga rumah ini berkisar Rp 500 hingga miliaran. Bila berada di pusat kota dan akses yang mudah, umumnya ada di angka miliaran.

Ketujuh tipe rumah terpopuler di atas merupakan sebagian kecil dari banyaknya tipe lainnya. Anda bisa memperoleh referensi lebih banyak melalui beberapa orang yang ahli di bidangnya.

Demikian informasi mengenai beberapa tipe rumah populer yang bisa menjadi pilihan Anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar