Urutan Gerbong Kereta Api

 

Sebagai alat transportasi yang cukup populer di Indonesia. Kereta api banyak digandrungi sebagai pilihan favorit untuk sarana transportasi umum baik untuk keperluan berwisata atau pun pulang kampung.

Harganya pun cenderung lebih murah dibandingkan pesawat dan mempunyai waktu tempuh yang lebih cepat dari bis, travel atau pun alat transportasi umum yang lain. Kereta api juga menyediakan berbagai fasilitas yang semakin membuat nyaman para penumpang di saat perjalanan.

Kereta api membuat beberapa kelas dengan fasilitas dan harga yang disediakan, berbeda antara satu dengan yang lainnya yaitu terdiri dari kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif.

1. Gerbong Kelas Ekonomi

Di dalam gerbong kelas ekonomi di bagi menjadi dua kelas yaitu subsidi dan komersil. Untuk kelas subsidi terdapat 106 bangku dalam satu gerbong dan dalam satu bangku terdapat 3 tempat duduk yang saling terhubung.

Untuk kelas komersil di bagi menjadi sekitar 64-80 bangku yang dalam satu bangku hanya terdapat 2 tempat duduk yang saling berdekatan.

Meskipun begitu, walaupun kelas ekonomi harganya terbilang cukup murah, dalam satu gerbong kelas ekonomi memiliki fasilitas yang sudah cukup lengkap.

Di kelas ini sudah disediakan pendingin udara yang cukup dingin, toilet untuk mempermudah penumpang untuk buang air besar atau pun buang air kecil dan colokan listrik yang bisa di manfaatkan sebagai tempat mengisi daya baterai handphone dan laptop yang sudah habis.

Gerbongnya pun cukup bersih dan tidak ada penjual-penjual liar yang berjualan seperti halnya di dalam bis atau angkutan umum yang lain.

2. Gerbong Kelas Bisnis

Berbeda dengan kelas ekonomi dalam satu gerbong kelas bisnis terdiri sekitar 64 bangku yang disediakan. Satu penumpang akan mendapatkan satu bangku yang disusun rapi dalam dua baris.

Antara bangku satu dengan yang lainnya tidak berhadapan, bangku menghadap ke arah laju kereta melaju. Jarak antar bangku lebih lebar, sehingga penumpang lebih leluasa jika ingin tidur atau sekedar meregangkan kaki.

Sama seperti dengan kelas ekonomi, di gerbong ini juga sudah di sediakan pendingin udara, colokan listrik maupun toilet.

3. Gerbong Kelas Eksekutif

Gerbong di kelas ini hampir mirip dengan gerbong di kelas bisnis. Namun di gerbong eksekutif terdapat 50 bangku yang berjajar rapi.

Dengan harga yang terbilang cukup mahal di gerbong berbeda dengan gerbong-gerbong sebelumnya yaitu gerbong ekonomi dan gerbong bisnis. Di sini jarak antar tempat duduk lebih lebar dan memiliki busa bangku yang lebih empuk.

Busa pada kursi terasa lebih empuk di bandingkan dengan tempat duduk di gerbong ekonomi dan gerbong bisnis. Para penumpang gerbong eksekutif akan di berikan fasilitas tambahan seperti selimut dan bantal yang memberikan kenyamanan untuk para penumpangnya.

Selain itu para penumpang eksekutif juga akan di sediakan televisi untuk para penumpang, sehingga penumpang tidak akan merasakan bosan jika menempuh perjalanan yang terlampau jauh. Waktu tempuh kereta api eksekutif juga lebih cepat karena tidak berhenti di banyak stasiun.

4. Gerbong Priority

Berbeda dengan gerbong-gerbong yang lain, fasilitas yang di sediakan di gerbong ini sangat mewah dan istimewa, perbedaannya terlihat mencolok dan signifikan.

Di sini para penumpang di berikan fasilitas karaoke menjadi audio video on demand (AVOD) yang tersedia pada setiap kursi para penumpang.

Selain itu penumpang juga akan di berikan yang di antarkan oleh karyawan kereta api. Desain interior gerbong memiliki desain yang megah dan elegan dan memiliki tempat duduk yang seperti di pesawat dengan pijakan kaki yang bisa di gunakan untuk meregangkan kaki. Satu kereta dari sub kelas priority menampung sekitar 28 penumpang.

5. Gerbong Luxury

Gerbong luxury adalah sub kelas terbaru yang di luncurkan oleh kereta api. Bangku yang ada di gerbong ini mirip dengan bangku kelas bisnis di pesawat terbang yang memberikan nuansa yang lebih privat.

Bangku yang super empuk di kelas ini bisa di rebahkan sampai 150 derajat sehingga penumpang bisa beristirahat dengan nyaman.

Fasilitas yang di berikan berupa telvisi layar sentuh dan earphone, colokan listrik, usb charger, makanan dan camilan yang akan di berikan dua kali dalam perjalanan.

Tinggalkan komentar