Wisata Kuliner di Jogja

Wisata Kuliner di Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang biasa disebut dengan Jogja memiliki banyak keunikan. Kota ini tidak hanya terkenal dengan beraneka macam budaya, adat dan tradisinya namun Jogja juga memliki keunikan tersendiri pada sektor wisata kuliner nya.

Bagi kamu para pecinta wisata kuliner, kamu bisa menemukan tempat wisata kuliner di Jogja dengan cepat, karena di Jogja sendiri setiap lokasi, jalan apalagi di sekitar pusat kota Jogja, kamu bisa memanjakan lidah dengan sajian-sajian kuliner khas Jogja.

Wisata Kuliner di Jogja yang Enak dan Murah

Wisata Kuliner di Jogja

Khusus bagi kamu yang belum pernah liburan ke kota gudeg ini dan masih mencari referensi tempat makan apa saja yang terkenal dan terfavorit, berikut kami sajikan daftarnya.

Gudeg Yu Jum

Gudeg  adalah salah satu sajian kuliner khas Jogja yang paling banyak dicari oleh para turis lokal ketika wisata ke Jogja. Mungkin kamu sering mendengar julukan jika Jogja sering disebut dengan kota Gudeg, yah inilah alasan utama yang membuat Gudeg menjadi makanan atau kuliner Jogja yang paling terkenal.

Makanan ini bisa kamu temukan dibanyak lokasi di sekitar daerah Jogja. Ada beberapa Gudeg yang terkenal seperti Gudeg Yu Djum, Gudeg yang ada di Jalan Gejayan sebelum pertigaan kearah Kampus UNY/UGM.

Warunggudeg ini buka sampai jam 4 pagi, dan masih banyak yang lainya. Untuk harga sangat bervariasi, dengan kocek Rp. 12.000 kamu sudah bisa menikmati Gudeg dan tambahan irisan daging ayam atau sejenisnya.

Kopi Joss

Di jalan Mangkubumi tepatnya dekat dengan Stasiun Tugu kamu bisa menikmati suasana jalanan yang agak remang-remang dan biasanya tempat ini ramai dikunjungi pada malam minggu dan hari libur.

Kopi Joss ini sangat familiar sekali di Jogja, salah satu keunikan Kopi Joss dibandingan dengan kopi lainya adalah kopi ini diberikan campuran arang panas sehingga menimbulakan bunyi aneh mirip suara “ joosss”. Penasaran bagaimana rasanya? kamu bisa mencobanya langsung ketika berlibur ke Jogja.

Ankringan dan Lesehan

Nah, bagi kamu yang suka dengan tempat makan yang sederhana dan harga lumayan terjangkau kamu bisa mencoba Angkringan dan lesehan yang ada disetiap sudut Jalan kota Yogyakarta.

Jika kamu mau menikmati makanan yang disajikan di Angkringan ini, kamu cukup menyiapkan budget Rp. 10.000 kamu sudah bisa menikmati nasi kucing, es teh dan gorengan, Sangat murah bukan?

Nah, kalau lesehan agak mahal dari angkringan namun suasana pinggir jalan, lampu remang-remang akan membuat sensasi makan yang berbeda.

Soto Sampah

Mungkin namanya terdengar aneh bagi orang awam. Namun nama ini sudah tidak asing lagi bagi warga lokal. Warung ini biasanya diserbu oleh anak muda. Meski begitu, tetap cocok bagi semua kalangan.

Selain namanya yang identik, sajian soto di warung ini sangat nikmat dan memiliki ciri khas tersendiri. Kamu bisa mengunjunginya di utara Tugu Jogja atau lebih tepatnya di pasar Kranggan.

Tak perlu takut jika datang ke Jogja melewatkan kuliner satu ini. Sebab Soto Sampah buka dari jam 7 pagi hingga 3 pagi. Sangat lama bukan? Meski terkenal, menu yang disajikan cukup murah, yakni Rp. 5.000 saja.

Sate Kere

Merupakan salah satu jajanan yang unik disekitar jalan Malioboro. Bahan utama dari sate ini adalah gajih yang dibakar dengan campuran bumbu yang nikmat. Jika kamu berkunjung ke Malioboro, sempatkan untuk mencicipi jajanan satu ini. Harganya juga tidak mahal, per tusuknya hanya Rp. 2.000 saja.

Sekian ulasan kami mengenai wisata kuliner di Jogja yang bisa kamu jadikan referensi. Beberapa ide diatas bisa kamu nikmati pada saat malam hari.

Tinggalkan komentar